Sabtu, 05 Oktober 2013

Jika kita baru saja install sistem operasi apa saja seperti windows, android dan linux ubuntu biasanya adobe flash player belum secara otomatis terinstal di sistem operasi tersebut, jadi untuk instal plugin flash player harus di instal secara manual.

Dan disini saya hanya akan memberikan cara instal adobe flash player di linux uuntu saja, dan sepertinya hampir semua linux cara untuk instal adobe flash player sama.
Kita bahas sedikit tentang apa itu adobe flash player plugin.
Adobe flash player plugin adalah sebuah aplikasi yang fungsinya untuk menjalankan multimedia pada browser dan juga pada multimedia yang ber tipe swf. Jadi jika browser seperti mozilla dan chrome belum di instal plugin flash playernya maka kita tidak bisa membuka video di youtube dan video di situs-situs yang ber multimedia atau gambar gerak lainnya. Namun saya pernah baca jika kita pengguna html5 maka flash player tidak perlu lagi install flash player.

Untuk pengguna browser chrome atau di linux namanya chromium maka flash player tidak perlu lagi untuk di install karena sudah tersedia secara otomatis.
Plugin flash player di situs resminya tidak lagi di update seperti pada flash player untuk android jadi kita menggunakan flash player yang di update dari linux. Untuk  flash player di ubuntu 12.04 yang saya gunakan adalah flashplugin-installer 11.2.202.310ubuntu0.12.04.1

Berikut cara install adobe flash player plugin di linux ubuntu :

1. Instal flash player plugin dengan menggunakan terminal, pada keyboard tekan CTRL + Alt + T untuk membuka terminal dan kemudian ketikan command atau perintah berikut :
sudo apt-get install flashplugin-installer
Masukan password dan enter kemudian jika disana ada pilihan y/n pilih y dan enter untuk melanjutkan.
2. Install plugin flash player dengan menggunakan Ubuntu software center.
  • Buka Ubuntu software center di dash home yg ada disebelah kiri atas monitor dan ketikan ubuntu software center atau di aplikasi ubuntu.
  • ubuntu dash home aplikasi
    Atau di icon yang ada disebelah kiri
    ubuntu software center
  • Ketikan adobe flash maka akan muncul flash player plugin untuk diinstal, klik saja tombol instal dan masukan password jika diminta, tunggu hingga selesai.
  • instal flash player ubuntu 12
  • Dan jika mozilla firefox sedang digunakan maka setelah install flash player segera restart mozilla firefox nya atau tutup terlebih dahulu dan buka kembali.
Description: Cara instal adobe flash player di linux ubuntu
Rating: 4.5
Reviewer: Tes
ItemReviewed: Cara instal adobe flash player di linux ubuntu
Written by : Zein Okeh Share Anything Updated at : 06.18
Protected by Copyscape Unique Content Checker

8 komentar:

  1. thanks gan,membantu banget..setelah lelah keliling sana sini akhirnya nyampe juga di blog agan sebagai pemberi solusi yg jitu..

    BalasHapus
  2. maaf mastah...kalau flash player tidak bisa di install itu karena apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Klo secara online mungkin server nya down atau internet nya loading lama
      2. Buat offline pastikan versi flas player nya sesuai dengan versi ubuntu atau linux yg lain

      Hapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!