Jumat, 11 Oktober 2013

Tampilan ubuntu 12.04 desktop memang setelah kita selesai install tampilan akan sedikit berbeda dengan tampilan ubuntu 8, 9 dan 10, dan mungkin sampai ubuntu 11.04 tampilan ubuntu klasik ada dan selanjutnya tampilan ubuntu dari ubuntu 11.10 sampai keatas sudah dirubah tampilannya menjadi lebih baik.

Tapi apabila kita sudah terbiasa dengan ubuntu klasik yang telah kita pakai bertahu-tahun jadi sedikit bingung setelah memakai tampilan atau desktop ubuntu yang baru, bisa-bisa kita menjadi belajar ubuntu diawal lagi. Tampilannya memang bagus dan dengan variasi yang berbeda dan lebih modern.

Dan semakin lama semakin baru dan beberapa aplikasi atau system yang ada di ubuntu terdahulu akan di update bahkan dihilangkan seperti synaptic manager, system ini dihilangkan di ubuntu 12.04 tetapi masih bisa kita install secara manual jika kita membutuhkannya dengan mengetikan "sudo apt-get install synaptic" (tanpa tanda petik) di terminal ubuntu.

Untuk merubah tampilan dari ubuntu 12.04 ke tampilan gnome classic desktop dan sudah saya coba ternyata bisa dan sebaliknya juga bisa di kembalikan ke tampilan semula.
ubuntu 12.04 desktop classic

Cara merubah tampilan 12.04 ke tampilan klasik :

1. Buka terminal di ubuntu CTRL + Alt + T.
2. Ketikan command berikut :
sudo apt-get install gnome-session-fallback
atau
sudo apt-get install gnome-panel

ubuntu classic install

3. Setelah selesai di install, logout komputer atau laptopnya dan pilih tampilan yang akan dipakai untuk gnome classic desktop pilih yang gnome classic di login screen.
4. Jika ingin mengambalikan tampilan ubuntu desktop yang baru dengan cara yang sama logout terlebih dahulu dan pilih gnome ubuntu.
ubuntu 12.04 login screen

Cara install ubuntu desktop dengan tampilan gnome shell:

1. Buka terminal CTRL + Alt + T
2. Dan ketikan command atau perintah berikut :
sudo apt-get install gnome-shell

3. Tunggu hingga selesai dan untuk merubah langsung ke tampilan gnome caranya sama dengan cara diatas adalah logout terlebih dahulu dan pilih gnome.
4. Untuk merubah menjadi desktop atau tampilan theme menjadi lebih baik bisa install theme dan gnome tweak
sudo apt-get install gnome-tweak-tool

Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang masih newbie seperti saya :), jadi bagi yang ingin mencoba atau tidak ingin tampilan ubuntu yang baru maka bisa melakukan tips diatas. Referensi : ubuntugeek.com , ubuntugeek.com dan askubuntu.com
Dan jika ada kesalahan dari tulisan ini dan kesalahan penulisan sumber referensinya bisa ditambahkan pesan melalui komentar.
Description: Cara merubah tampilan ubuntu 12.04 ke gnome classic dan gnome shell
Rating: 4.5
Reviewer: Tes
ItemReviewed: Cara merubah tampilan ubuntu 12.04 ke gnome classic dan gnome shell
Written by : Zein Okeh Share Anything Updated at : 10.09
Protected by Copyscape Unique Content Checker

8 komentar:

  1. gan knapa yah ubuntu saya slalu mnta password klo mau instal aplikasi lewat terminal & klo sandinya diketik tdak kliatan..?
    gman itu gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu memang seperti itu ,, dan password tidak akan keliatan tapi jika tidak ingin selalu ditanya password
      Buka terminal dan ketikan "sudo su" tanpa tanda kutip,, kemudian masukan password dan enter maka pada saat install aplikasi tidak akan diminta password lagi

      Hapus
    2. login sebagai super user root gan klo males selalu masukin password,,, enaknya juga bisa ngatur sampe ke direktori sistem secara manual!!

      Hapus
    3. Ya betull.. makasih sudah ikut menjawab pertanyaan agan achmad

      Hapus
  2. Di atas newbie masih ada newbie :D. Gmn caranya agar tampilan secara otomatis menjadi gnome classic saat login tanpa harus logout-login terlebih dahulu ? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertama kali untuk merubah ke gnome classic harus logout atau di restart dan seterusnya kan ga usah di logout lg... sekali udah di ubah ke gnome classic maka akan seterusnya di gnome classic... kecuali jika dirubah lagi ke gnome baru..

      Hapus
  3. Assalamualaikum semua,
    mohon bantuannya.
    1. cara membuat sharing folder di ubuntu 12 gmn ? dan kalau kita mau hidden folder yang kita sharing untuk orang tertentu bagaimana ?
    2. samba ubuntu itu untuk apa yaa ?

    Terima kasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumusalam

      1. Install samba atau dengan meng-klik kanan folder yang akan di share dan pilih sharing option nanti jika aplikasi samba belum terinstall maka ubuntu akan merekomendasikan secara otomatis untuk install aplikasi yang diperlukan.
      Klau untuk hidden folder untuk orang tertentu saya blm bgitu tahu

      2. Samba adalah suatu jalan untuk menghubungkan jaringan ubuntu ke windows atau ke ubuntu dengan cara sharing file, samba bisa dijadikan file server yang bisa dihubungkan ke windows client untuk sharing file.. untuk lebih jelas bisa di lihat di
      - https://help.ubuntu.com/10.04/serverguide/samba-fileserver.html

      - https://help.ubuntu.com/community/Samba

      Hapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!