Sabtu, 05 Oktober 2013

Setelah saya membuat tentang cara instal ubuntu 12.04 di komputer ataupun laptop rasanya tidak lengkap jika saya tidak membuat juga postingan tentang bagaimana cara install aplikasi/software di ubuntu 12.04 dan di ubuntu lainnya juga yang saya tahu semuanya sama, bisa kita menggunakan aplikasi dari terminal maupun dari ubuntu software.

Apa perbedaan dari kedua cara instal aplikasi/software di ubuntu dengan menggunakan command di terminal ataupun dengan ubuntu software ? saya rasa sama hanya cara dan ada perbedaan sedikit adalah kadang kala jika kita install dengan menggunakan ubuntu software pada saat install akan terasa lebih lama dan aplikasi terkadang ada yang tidak bisa di install dan membutuhkan aplikasi tambahan, sedangkan untuk cara instal aplikasi di ubuntu dengan menggunakan terminal command maka akan terasa lebih cepat dan lebih banyak yang berhasil dengan 100% aplikasi terinstall.

Sebelum kita instal aplikasi di ubuntu maka kita diharuskan untuk meng-update system terlebih dahulu di terminal dan komputer atau laptop harus terkoneksi ke internet.

Cara untuk update system di ubuntu :

1. Buka terminal dengan cara CTRL + ALT+ T atau dengan cara buka dash home yg ada di sebelah kiri atas bisa dilihat di gambar dibawah ini.
buka terminal di ubuntu 12

2. Setelah terminal terbuka dan internet sudah terhubung maka ketikan "sudo apt-get update" (tanpa tanda petik) dan masukan password dan tunggu sampai selesai, dan kita sudah bisa instal aplikasi yang akan kita instal, namun karena kita belum masuk sebagai root di terminal ubuntu maka untuk setiap install aplikasi diawal tulisan diharuskan untuk mengetikan sudo, nah jika kita tidak ingin selalu memasukan kata sudo, kita harus masuk sebagai root diterminal dengan cara ketikan sudo su dan masukan password dan selanjutnya setiap saat kita akan meng-instal aplikasi atau software tidak perlu lagi mengetikan kata sudo karena sudah masuk kedalam root.

apt get update ubuntu terminal

Cara install aplikasi atau software di ubuntu :

1. Internet sudah tersambung
2. Jika install aplikasi dari Terminal command :
  • Buka terminal CTRL + ALT + T atau bisa dilihta di cara diatas
  • Ketikan "sudo su" (tanpa tanda petik) dan masukan password
  • Misalkan akan instal aplikasi browser chrome karena di ubuntu chrome itu adalah chromium maka penulisannya adalah "apt-get install chromium-browser" (tanpa tanda petik) dan enter di keyboard kemudian klik Y di tombol keyboard dan enter kemudian tunggu sampai selesai.
  • Untuk membuka aplikasi chrome atau chromium browser di ubuntu yang sudah terinstall yaitu dengan buka di dash home yg ada disebelah kiri atas layar dan ketikan chromium bisa dilihat di gambar no 1 di cara update system ubuntu diatas, maka disana akan tampil icon chromium dan buka deh.
3. Jika instal aplikasi dari ubuntu software center :
  • Buka icon ubuntu software center yang ada di bagian sebelah kiri dibawah LibreOffice impres.
  • ubuntu software center
  • Setelah muncul Ubuntu software center Ketikan chromium di kotak pencarian maka nanti akan muncul chromium tersebut di bawahnya, dan klik tombol install.
  • install chrome di ubuntu 12
Dan untuk install aplikasi atau software lainnya di ubuntu apapun seperti ubuntu 10, 11, 12 dan 13 semua caranya sama.
Buka aplikasi di ubuntu di dash home yang ada disebelah kiri atas yang gambarnya logo ubuntu dan ketikan aplikasi yang akan dicari atau bisa kita lihat per kategori seperti kategori accessories, accesibility, system, Music, dll.
aplikasi pilihan di ubuntu 12

Selain itu kita bisa mencari aplikasi tersebut dengan mengetikan di kotaknya dengan mengetikan aplikasi yang akan kita cari, jika aplikasi sudah terinstal maka aplikasi akan muncul pada saat kita ketikan.
Description: Cara install aplikasi di ubuntu 12.04
Rating: 4.5
Reviewer: Tes
ItemReviewed: Cara install aplikasi di ubuntu 12.04
Written by : Zein Okeh Share Anything Updated at : 01.29
Protected by Copyscape Unique Content Checker

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!