Kamis, 10 Oktober 2013

Linux adalah sistem operasi open source sebagai alternatif sistem operasi windows dengan adanya linux kita bisa menginstal berbagai macam aplikasi linux sebagai aplikasi alternatif aplikasi windows, banyak sekali aplikasi alternatif gratis di linux seperti Coreldraw di linux kita bisa menggunakan inkscape, photoshop di linux kita bisa menggunakan aplikasi gimp, microsoft office dilinux bisa menggunakan openOffice dan lain sebagainya.

Tetapi apabila kita ada sebuah aplikasi windows yang ingin dijalankan di sistem operasi linux ubuntu bukan tidak mungkin untuk bisa dijalankan di linux sebagai tambahan kita harus menginstall aplikasi tambahan sebagai portal atau sebagai aplikasi untuk menjalankan aplikasi windows yaitu salah satunya dengan menggunakan aplikasi wine dan PlayOnLinux dua aplikasi ini fungsinya sama.

Berdasarkan pengalaman saya apabila kita install Wine saja maka PlayOnlinux tidak akan terinstal namun sebaliknya jika kita install aplikasi PlayOnLinux maka aplikasi wine akan terinstal juga. Tapi terserah kita mau instal yang mana karena keduanya fungsinya sama.

Cara menjalankan aplikasi windows di linux ubuntu dengan menggunakan wine :

1. Internet harus sudah konek.
2. Buka terminal dengan tekan CTRL + Alt + T kemudian ketikan command dibawah ini :
sudo apt-get install wine
install wine di linux ubuntu

3. Ikuti intruksi yang diberikan dan setelah selesai install wine maka aplikasi windows pun sudah bisa di jalankan dengan cara klik dua kali di aplikasi windows atau klik kanan pada mouse dan pilih buka dengan Open with wine windows program loader.
4. Atau kita bisa melihat download aplikasi wine secara manual di WINEHQ

Untuk membuka folder wine yang ada di explorer :
1. Buka file manager atau explorer linux ubuntu
2. Klik  Tab view yang ada di sebelah kiri atas dan pilih Show Hidden Files
3. Cari folder wine dengan nama diawali dengan titik ".wine" tanda titik tersebut menandakan bahwa folder tersebut di hidden, untuk supaya folder wine tersebut tidak di hidden atau tersembunyi maka tanda titik nya harus di hilangkan.

Cara menjalankan aplikasi windows dengan playonlinux :

1. Buka ubuntu software center.
2. Ketikan PlayOnlinux

install playonlinux linux ubuntu

3. Klik tombol install dan tunggu hingga selesai setelah selesai coba buka aplikasi windows dan semoga sudah bisa dijalankan.
4. Untuk install PlayOnLinux secara manual bisa dilihat di PlayOnLinux.

Tips diatas adalah untuk hampir sistem operasi linux untuk menjalankan apilkasi windows adalah dengan menggunakan aplikasi wine ataupun PlayOnLinux.
Jika misalkan ada aplikasi windows yang tidak bisa dijalankan setelah install Wine ataupun PlayOnlinux maka itu ada tambahan aplikasi yang harus di install seperti netframework, dxdiag dan lain sebagainya.

Cara install aplikasi tambahan di wine :

1. Buka winetricks di Aplikasi linux
2. Jika winetricks sudah terbuka pilih yang "Select the default winetricks" kemudian pilih "install a windows dll or component" setelah terbuka pilih aplikasi seperti netframework, dxdiag yang ada disitu untuk di install.

Description: Cara menjalankan aplikasi windows di linux ubuntu
Rating: 4.5
Reviewer: Tes
ItemReviewed: Cara menjalankan aplikasi windows di linux ubuntu
Written by : Zein Okeh Share Anything Updated at : 00.49
Protected by Copyscape Unique Content Checker
Categories: ,

6 komentar:

  1. thanks you ya bro, works perfectly

    BalasHapus
  2. punya saya kenapa gagal yaa broo

    BalasHapus
  3. apakah windowsnya harus sudah di install di partisi yang berbeda, baru bisa jalankan windows di linux?

    BalasHapus
  4. file nya bnyk amat mz,boleh tau yang mana ?

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!